PDP Nomor 6 Negatif, Lanjut Dipulangkan, Sisanya 3 PDP Menunggu Hasil Lab.

Dipublikasi pada : 04 April 2020 | 326 kali Dibaca


Pasien Dalam Pengawasan(PDP) di Kabupaten Buleleng semula berjumlah 4 orang, yakni pasien nomor :  3,6,7,dan 8. Keempat PDP itu sebetulnya sudah dinyatakan negatif dari hasil pemeriksaan laboratorium melalui metode Polymeras Chain Reaction(PCR), namun mereka kembali diperiksa lab.sesuai prosedur. Hasilnya PDP no.6 dinyatakan negatif covid-19 dan dipulangkan. Dengan demikian sisa PDP di Kabupaten Buleleng sebanyak 3 PDP yang semuanya dirawat di RS. Pratama Giri Emas. Kondisi ke 3 PDP semuanya sehat, dan hasil pemeriksaan lab. menggunakan metode Polymeras Chain Reaction  (PCR) sebelumnya dinyatakan negatif. Demikian disampaikan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Buleleng, Sabtu sore ,4/4, dalam jumpa pers online. Terkait kepulangan PDP no.6 yang bekerja sebagai perawat itu, diminta agar lanjut melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Selain itu diungkapkan juga jumlah Orang Dalam Pemantauan(ODP)yang sebelumnya berjumlah 7 orang kini menurun menjadi 6 ODP, karena 1 ODP tidak lagi menunjukan gejala sehingga statusnya menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG).

Kemudian data OTG diungkapkan dari jumlah sebelumnya 152 OTG kini menjadi 154 OTG. Penambahan dua OTG dengan riwayat: 1 ODP berubah status menjadi OTG;  dan 1  OTG kontak erat dengan kasus konfirmasi di Tabanan.

Selanjutnya dari  pemantauan bagi pelaku perjalanan di wilayah terjangkit dan daerah transmisi lokal, dari jumlah komulatifnya sebanyak 908 orang, 366 orang telah selesai masa pantau 14 hari, sehingga sisa pantau sebanyak 542 orang. Rinciannya:  Pekerja kapal pesiar 399 orang; TKI lainnya 51 orang; WNA 6 orang; Pulang dari LN dan lain-lain 12 orang; Orang yang datang dari daerah transmisi lokal Indonesia 74 orang.

Selain mengungkapkan data terkini, Bupati juga memaparkan 4 ODP yang diisolasi di SPN yang hasil rapid test negatif diminta agar pihak Dinas Kesehatan melanjutkannya dengan test swab covid-19 agar diketahui kondisi secara lebih akurat.

Diakhir jumpa pers Bupati menyatakan berdoa,  agar 3 orang PDP yang sebelumnya dinyatakan negatif Covid 19 agar hasil test lanjutnya kembali dinyatakan negatif sehingga bisa dipulangkan ke rumah.(st-wd)