Satuan Pendidikan Aman Bencana, Wabup Sutjidra Terima Audiensi BNPB

Dipublikasi pada : 31 Agustus 2021 | 183 kali Dibaca


Buleleng dipilih sebagai tempat Bimbingan Teknis (Bimtek) Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) tidak hanya sekolah namun institusi pendidikan akan dilibatkan. Pembentukan SPAB ini didasari pemetaan Direktorat Mitigasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Demikian  disampaikan oleh Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra,Sp. OG usai menerima audiensi dari BNPB Pusat, di ruang rapat Loby Atiti Wisma Kantor Bupati, Selasa, (31/8). 

 

Lebih lanjut dijelaskan oleh Wabup Sutjidra, melihat topografi Kabupaten Buleleng yang "Nyegara Gunung" sangat rentan adanya bencana alam maupun bencana non alam seperti pandemi Covid-19 saat ini, gempa, tanah longsor, angin puting beliung dan bencana lainnya. Pihaknya sangat berterimakasih kepada BNPB Pusat. 

 

"Kami mengapresiasi BNPB atas kepeduliannya kepada Kabupaten Buleleng dalam usaha meminimalisir dampak atau ancaman bencana dengan melakukan Bimtek SPAB dalam waktu dekat ini. Mudah-mudahan Buleleng semakin banyak memiliki fasilitator kepada sekolah-sekolah maupun institusi pendidikan lainya," harap Sutjidra. 

 

Sementara itu, terkait sasaran bimtek yang akan dilakukan, Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdipora) Made Astika mengatakan, sebanyak 40 satuan pendidikan rencananya akan dilibatkan dalam bimtek SPAB. 

 

"Ini sesuai dengan Permendikbud 33 Tahun 2019 agar sekolah itu aman dari bencana. Bencana tidak hanya alam namun non alam seperti pandemi Covid-19. Bimtek ini juga sebagai upaya persiapan pembelajaran tatap muka nantinya. Ke depan akan berkembang agar setiap satuan pendidikan memiliki SPAB," pungkasnya. 

 

Ditemui di tempat yang sama, Meilina Wulandari selaku Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Mitigasi Bencana BNPB Pusat yang juga sebagai ketua rombongan mengatakan, audiensi kepada Kepala Daerah sebagai salah satu rangkaian keterlibatan Bimtek SPAB. 

 

Wulandari mengharapkan nantinya setelah bimtek ada tindak lanjut dari fasilitator daerah untuk memberikan pembinaan ke sekolah lainnya. Sehingga apa yang menjadi tujuan bimtek untuk menanggulangi bencana di tingkat satuan pendidikan dapat berjalan dengan baik. (wd).