Inovasi Satgas Covid-19 Buleleng, Telemedicine Perdana Bagi Isoman Covid-19

Dipublikasi pada : 21 Agustus 2021 | 312 kali Dibaca


Dalam upaya mempercepat kesembuhan pasien Covid-19 bagi masyarakat terutama pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Buleleng dan Fakultas Kedokteran Undiksha Singaraja menggelar Telemedicine perdana. Hal ini disampaikan Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Buleleng, Ketut Suwarmawan, S.STP.MM. saat  memberikan rilis update covid-19 di ruang kerjanya, Sabtu,(21/8).

 

Lebih jauh diterangkan oleh Suwarmawan yang juga selaku Kadis Kominfosanti Kabupaten Buleleng, bahwasannya “Telemedicine” merupakan inovasi Satgas Covid-19 Buleleleng dalam rangka memberikan informasi dan  edukasi kepada para isoman pasien Covid-19 dan tidak menutup kemungkinan para isoter, baik di desa/kelurahan dan isoter kabupaten.

 

”Telemedicine perdana ini ditujukan kepada para isoman yang jumlahnya sangat-sangat sedikit sampai saat ini. Konseling kesehatan gratis ini untuk mempercepat kesembuhan para isoman. Materinya pun terkait pengelolaan pikiran, latihan nafas dan tips mengelola kecemasan,” terang mantan Kabag Prokom Setda Buleleng ini.

 

Lebih lanjut jelas Suwarmawan, kegiatan yang sangat luar biasa yang dilakukan oleh para rewalan yang tergerak hatinya dan meluangkan waktu untuk memberikan layanan konseling kesehatan. Dengan harapan dapat mengetahui apa itu Covid-19 dan cara penanganannya, terutama konseling psikis/pengelolaan pikiran pasien untuk dapat meningkatkan imun tubuh.

 

Sementara itu terkait penyampaian rilis data update perkembangan Covid-19 kemarin 20 Agustus 2021 yang baru dapat disampaikan hari ini, Kadis Suwarmawan menjelaskan alasannya, karena masih proses validasi data demi sinkronisasi dan ketepatan data yang dimiliki.

Untuk kasus per tanggal 20 Agustus 2021 kemarin, Kadis Suwarmawan menerangkan, kesembuhan pasien Covid-19 Buleleng cukup signifikan, tercatat 143 orang dinyatakan sembuh dan dipulangkan, dominan berasal dari Kecamatan Buleleng. Untuk Konfirmasi baru sebanyak 83 orang dan meninggal dunia 7 orang, lalu pasien dalam perawatan sebanyak 758 orang.

 

Sedangkan perkembangan kasus Covid-19 hari ini, Suwarmawan memaparkan, kasus konfirmasi dan sembuh hampir berimbang, dimana kasus konfirmasi baru sebanyak 69 orang dan kesembuhan sebanyak 70 orang, kemudian kasus meninggal dunia sebanyak 6 orang dan pasien aktif dalam perawatan sebanyak 751 orang.

 

Secara kumulatif kasus konfirmasi di Buleleng sampai hari ini sebanyak 9.561 orang dengan rincian, sembuh sebanyak 8.388 orang, meninggal 422 orang, sedang dirawat di Buleleng 745 orang dan luar Buleleng 6 orang.(wd)