Tim Pakar Covid-19 Nasional Apresiasi Upaya Pengendalian Covid-19 Buleleng

Dipublikasi pada : 06 Agustus 2021 | 259 kali Dibaca


Dalam upaya menurunkan level ke satu angka atau lebih dalam  PPKM Level penanganan Covid-19, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa yang juga selaku Sekretaris Satgas Covid-19 Buleleng mengikuti pendampingan Fokus Grup Discussion (FGD) dalam hal dukungan kegiatan kajian operasional membangun "Kepemimpinan Kolaboratif Dalam Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19" secara virtual dengan pakar Satgas Covid-19 Nasional di ruang rapat Loby Atiti Wisma Kantor Bupati Buleleng, Jumat, (6/8). 

 

Dalam kesempatan pertama, Sekda Suyasa memaparkan gambaran kondisi pandemi Daerah Buleleng sepekan terakhir. Angka positif rate sebesar 4,1 ? dengan jumlah kematian 325 orang. Dari data yang meninggal 96? karena belum tervaksin dan memiliki komorbid atau penyakit penyerta. 

 

Dalam tindakan atau langkah pengendalian Covid-19 Sekda Suyasa menyampaikan secara berkelanjutan memberikan sosialisasi prokes kepada masyarakat dengan  instansi terkait, operasi yustisi penegakan disiplin prokes, menambah jumlah isolasi terpusat yang dibantu Undiksha, Kompi C Yonif 900 Raider, SMK/SMA Bali Mandara, menambah tempat tidur isolasi ICU rumah sakit. 

 

Ditambahkan oleh Sekda Suyasa inovasi Satgas Covid-19 Buleleng bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Fakultas Kedokteran Undiksha Singaraja membentuk Tim Tele Conseling dalam hal pemantauan kondisi kesehatan pasien OTG-GR yang melakukan isolasi melalui  virtual atau telephone setiap 2 hari sekali. 

 

Sementara itu Tim Pakar Satgas Covid-19 Nasional Nyoman Agus memberikan apresiasi kepada Satgas Covid-19 Buleleng dalam tindakan nyatanya menggerakkan seluruh stakeholder di daerahnya, berkolaborasi dalam upaya penanganan Covid-19. Upaya preventif melibatkan Desa Adat, TNI/Polri dalam penguatan perubahan perilaku masyarakat melawan Covid-19. 

 

Tim Pakar Nyoman Agus menyarankan agar rumah sakit swasta didorong lagi dalam menambah penyediaan fasilitas kesehatan, sehingga pasien Covid-19 dapat penanganan yang optimal.

 

Turut hadir dalam rapat virtual tersebut, Asisten 1 Setda Buleleng, Kalak BPBD, Kadiskes, Kasat Pol-PP, Kabag Prokom Setda Buleleng.(wd)