Perkembangan Kasus Covid-19 Buleleng Hari Ini, Konfimasi Baru Turun 50 Persen Dari Data kemarin

Dipublikasi pada : 12 Juli 2021 | 292 kali Dibaca


Perkembangan penanganan Covid-19 menunjukkan hasil yang lebih baik dari kemarin, pasalnya dari data Covid-19 hari ini, Senin,(12/7) kasus konfirmasi baru menurun 50 persen. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Buleleng Ketut Suwarmawan,S.STP,M.M saat memberikan update rilis Covid-19 di ruang kerjanya.

 

Lebih jauh ungkap Ketut Suwarmawan yang juga selaku Kadis Kominfosanti, bahwasannya kasus konfirmasi sekarang sebanyak 41 orang, jauh menurun dari data kemarin sebanyak 82 orang. Selain itu jumlah pasien sembuh hari ini cukup banyak yaitu sebanyak 32 orang. Untuk itu dirinya mengajak untuk kepada seluruh masyarakat untuk selalu taat akan aturan khususnya dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) 6 M.

 

“Selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menjaga imunitas tubuh dan mentaati aturan prokes Covid-19. Semoga dengan peran serta dan partisipasi masyarakat, Covid-19 Buleleng dapat kita tekan,” harapnya.

 

Sementara itu terkait dengan tempat isolasi terpusat, Kadis Suwarmawan mengatakan bahwa pihak Forkompimda sudah meninjau asrama mahasiswa Undiksha yang berada di Desa Jinengdalem, Kecamatan Buleleng dan pihak Undiksha siap mendukung upaya pemerintah dalam ketersediaan tempat isolasi terpusat bagi pasien tanpa gejala.

 

“Isolasi terpusat di asrama mahasiswa Undiksha disediakan 40 kamar dengan 80 bed. Terimakasih kami ucapkan kepada Undiksha Singaraja yang telah mensuport upaya pemerintah. Selain dari Undiksha penambahan isolasi terpusat akan diupayakan menggandeng pihak PHRI Buleleng, hal ini untuk jaga-jaga adanya lonjakan kasus nantinya,” tambahnya.

 

Kembali ke perkembangan data Covid-19 hari ini, Kadis Suwarmawan menjelaskan pasien sembuh tercatat cukup signifikan, dimana kesembuhan pasien sebanyak 32 orang berasal dari Kecamatan Buleleng 14 orang, Kecamatan Banjar 6 orang, Kecamatan Sukasada 4 orang, masing-masing 3 orang dari Kecamatan Gerokgak dan Sawan dan Kecamatan Seririt 2 orang. Sedangkan kasus konfirmasi baru sebanyak 41 orang didominasi dari Kecamatan Buleleng 18 orang, Kecamatan Gerokgak 13 orang, masing-masing 4 orang dari Kecamatan Sawan dan Kubutambahan, dan Kecamatan Busungbiu dan Banjar masing-masing 1 orang.

 

“Ada penambahan kasus meninggal hari ini sebanyak 1 orang dari Kecamatan Kubutambahan, seorang perempuan berusia 52 tahun dengan gejala, demam, batuk, sulit bernafas, pilek dan komorbid DM,” terangnya.

 

Secara kumulatif terang Kadis Suwarmawan, kasus konfirmasi sebanyak 4.788 orang, sembuh 4.129 orang, meninggal tetap 202 orang, sedang dirawat 457 orang. Sementara itu kasus suspek kumulatif  sebanyak 5.473 orang, kontak erat kumulatif 22.704 orang, kasus konfirmasi non suspek/kontak erat 283 orang dan kasus pelaku perjalanan terkonfirmasi sebanyak 2 orang.(wd)