Konfirmasi Baru Covid-19 Masih Terjadi, Kadis Suweca Himbau Jaga Imunitas Tubuh dan Prokes

Dipublikasi pada : 27 Januari 2021 | 306 kali Dibaca


Kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Buleleng masih terjadi dan cenderung meningkat. Untuk itu harus ada upaya nyata dan sungguh-sungguh dalam menekan dan mencegah penyebaran Covid-19. Selain penegakan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes) seperti 4 M yaitu memakai masker dengan benar, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menghindari kerumunan serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari, juga upaya setiap individu untuk meningkatkan imun tubuh sangat perlu dilakukan.

“Upaya dalam meningkatkan imun tubuh dengan cara rutin berolahraga, istirahat yang cukup, menghindari pikiran yang panik yang akan membuat kita stress, ciptakan suasana hati yang gembira serta selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita semua diberikan perlindungan dan terhindar dari Covid-19,” himbau Ketut Suweca selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Buleleng dalam rilis harian penanganan Covid-19, Rabu (27/1) di ruang kerjanya.

Sementara itu terkait perkembangan kasus Covid-19 hari ini, Ketut Suweca yang juga selaku Kadis Kominfosanti mengatakan, kabar baik hari ini terdapat 10 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19 berasal dari Kecamatan Banjar 4 orang, Kecamatan Seririt 2 orang dan masing-masing  1 orang dari Kecamatan Buleleng, Sawan, Gerokgak, dan Kecamatan Sukasada. Selain berita kesembuhan, kasus probable juga terjadi sebanyak 1 orang dari Kecamatan Buleleng.

Selain itu ungkap Ketut Suweca, kasus konfirmasi baru juga terjadi di Buleleng, berjumlah 27 orang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 11 orang dari Kecamatan Sukasada, 8 orang dari Kecamatan Buleleng, 3 orang dari Kecamatan Kubutambahan, 2 orang dari Kecamatan Seririt dan masing-masing 1 orang dari Kecamatan Sawan, Busungbiu dan Tejakula.

Lebih lanjut, papar Ketut Suweca, sebanyak 182 orang masih dalam perawatan di sejumlah rumah sakit dan hotel, diantaranya RSUD Buleleng sebanyak 38 orang, RS. Bali Med 16 orang, RS. Karya Dharma Usada 40 orang, RS. Kerta Usada 12 orang, RS. Tangguwisia 2 orang, RS. Santhi Graha 4 orang, RS. Semara Ratih 2 orang, Hotel Vasini 4 orang, Hotel Hitsz 15 orang, Hotel Bali Beach 32 orang dan isolasi mandiri sebanyak 17 orang.

Terkait data Covid-19 secara kumulatif, kasus konfirmasi di Buleleng sebanyak 1.670 orang, sembuh 1.412 orang, meninggal 76 orang, dirawat di Buleleng 129 orang, dirawat di luar Buleleng 53 orang. Sedangkan kasus suspek kumulatif berjumlah 1.959 orang dengan rincian : suspek konfirmasi sebanyak 752 orang, discarded 1.104 orang, suspek masih dipantau 43 orang, probable 60 orang. Kemudian kontak erat kumulatif berjumlah 9.689 orang dengan rincian : kontak erat konfirmasi 690 orang, discarded 8.415 orang, karantina mandiri 264 orang, kontak erat menjadi suspek 320 orang. Lalu kasus konfirmasi non suspek/kontak erat berjumlah 226 dan kasus pelaku perjalanan terkonfirmasi berjumlah 2 orang.

Dipenghujung rilis Ketut Suweca mengucapkan terima kasih kepada para wartawan media cetak dan elektronik yang cukup banyak memberikan kontribusi berupa  informasi terkait perkembangan penanganan Covid-19 dan hal-hal penting dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 Buleleng.