Penangan Covid-19 Buleleng, Hari Ini 14 Orang Dinyatakan Sembuh

Dipublikasi pada : 23 Januari 2021 | 312 kali Dibaca


Perkembangan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng masih terjadi penambahan kasus konfirmasi baru. Disisi lain, pada hari ini Sabtu, (23/1) terdapat 14 orang dinyatakan sembuh. Hal itu, disampaikan langsung Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng saat membacakan data rilis di Ruang Kerjanya.
 
Diterangkan, 14 orang sembuh itu dari Kecamatan Sukasada sebanyak 6 orang, Kecamatan Buleleng sebanyak 5 orang dan masing-masing dari Kecamatan Seririt, Gerokgak, dan Tejakula sebanyak 1 orang.
 
Lanjut, Ketut Suweca yang juga selaku Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng menyebutkan dalam penambahan kasus konfirmasi sebanyak 31 orang yang  berasal dari Kecamatan Banjar 16 orang, Kecamatan Sukasada 6 orang, Kecamatan Buleleng 4 orang, Kecamatan Gerokgak 2 orang, Kecamatan Sawan 2 orang dan Kecamatan Busungbiu 1 orang.
 
“Penanganan kasus Covid-19 di Buleleng yang sedang menjalani perawatan sebanyak 146 dengan rincian RSUD Buleleng 34 orang, Rumah Sakit Bali Med 11 orang, Rumah Sakit Karya Dharma Husada 23 orang, Rumah Sakit Kerta Usada 12 orang, Rumah Sakit Tangguwisia 4 orang, Rumah Sakit Semara Ratih 2 orang, Hotel Vasini 11 orang, Hotel Hitz 16 orang, Hotel Ibis 1 orang dan isolasi mandiri 32 orang," ucapnya.
 
Terkait data lain, Ketut Suweca menerangkan kasus konfirmasi kumulatif di Buleleng sebanyak 1.581 orang dengan rincian sembuh sebanyak 1.360 orang, kasus meninggal bertambah 1 orang dari Kecamatan Gerokgak dengan riwayat, pasien dirawat di RSUD Buleleng selama 2 hari dengan gejala sesak, demam, BAB cair, nyeri perut, mual, muntah dan pneumonia. Maka dari itu, kasus meninggal menjadi 75 orang, sedang dirawat di Buleleng sebanyak 116 orang dan dirawat di luar Buleleng sebanyak 30 orang. Data lain, kasus suspek kumulatif di Buleleng sebanyak 1.909 orang dengan rincian suspek konfirmasi 724 orang, discarded 1.065 orang, suspek masih dipantau 61 orang dan probable 59 orang.
 
Sementara itu, kontak erat kumulatif di Buleleng sebanyak 9.430 orang dengan rincian kontak erat konfirmasi sebanyak 629 orang, discarded sebanyak 8.232 orang, karantina mandiri sebanyak 253 orang dan kontak erat menjadi suspek sebanyak 316 orang. Kasus konfirmasi non suspek atau kontak erat tetap sebanyak 226 orang. Dan kasus pelaku perjalanan terkonfirmasi sebanyak 2 orang.
 
Selain itu, Kadis Suweca juga menyampaikan hasil perkembangan penanganan Covid-19 Buleleng dapat dilihat pada Website Nasional : covid19.go.id, Website Provinsi Bali : infocorona.baliprov.go.id, Situs Kabupaten Buleleng : infocovid19.bulelengkab.go.id, Website Pemkab. Buleleng : bulelengkab.go.id, Facebook : Pemkab Buleleng, Instagram : pemkab_buleleng dan khusus untuk wartawan bisa di lihat di grup layanan informasi.
 
Dipengujung rilis, Kadis Suweca menyampaikan dengan masih adanya kasus konfirmasi baru sampai saat ini, dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan selalu memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, mencuci tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir atau hand sanitizer dan menghindari kerumunan.