Kasus Konfirmasi Baru Masih Terjadi, Satgas Ajak Masyarakat Taati Prokes

Dipublikasi pada : 09 Januari 2021 | 267 kali Dibaca


Perkembangan kasus terkonfirmasi baru masih terjadi, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Buleleng mengajak kepada masyarakat untuk selalu mentaati Protokol Kesehatan (Prokes). Hal itu, disampaikan langsung oleh Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng melalui rilisnya, Sabtu, (9/1) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut, Ketut Suweca yang juga selaku Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng menyebutkan sebanyak delapan orang terkonfirmasi baru yang berasal dari Kecamatan Buleleng sebanyak 3 orang dan masing-masing berasal dari Kecamatan Banjar, Busungbiu, Gerokgak, Tejakula dan Sawan sebanyak 1 orang. Di sisi lain, hari ini juga terdapat kasus meninggal sebanyak 1 orang dari Kecamatan Seririt dengan riwayat, pasien dirawat di Rumah Sakit Tangguwisia selama 4 hari dengan gejala demam, sesak nafas, pneumonia, komorbid kronik neurologi atau neuromoskular dan penyakit paru kronik.

Lanjut, Kadis Suweca menyampaikan kasus konfirmasi dalam perawatan sebanyak 43 orang yang meliputi RSUD Buleleng 14 orang, Rumah Sakit Bali Med 2 orang, Rumah Sakit Karya Dharma Usada 7 orang, Rumah Sakit Kerta Usada 8 orang, Rumah Sakit Santhi Graha 2 orang, Rumah Sakit Wangaya 1 orang, Hotel Vasini 4 orang dan isolasi mandiri 5 orang. 

Terkait data lain, Suweca menerangkan kasus konfirmasi kumulatif di Buleleng sebanyak 1.389 orang dengan rincian sembuh sebanyak 1.275 orang, kasus meninggal sebanyak 71 orang, sedang dirawat di Buleleng sebanyak 38 orang dan dirawat di luar Buleleng sebanyak 5 orang. Data lain, kasus suspek kumulatif di Buleleng sebanyak 1.723 orang dengan rincian suspek konfirmasi 658 orang, discarded 984 orang, suspek masih dipantau 23 orang dan probable 58 orang.

Sementara itu, kontak erat kumulatif di Buleleng sebanyak 8.656 orang dengan rincian kontak erat konfirmasi sebanyak 503 orang, discarded sebanyak 7.764 orang, karantina mandiri sebanyak 97 orang dan kontak erat menjadi suspek sebanyak 292 orang. Kasus konfirmasi non suspek atau kontak erat tetap sebanyak 226 orang. Dan kasus pelaku perjalanan terkonfirmasi sebanyak 2 orang.

Selain itu, Kadis Suweca juga menyampaikan hasil perkembangan penanganan Covid-19 Buleleng dapat dilihat pada Website Nasional : covid19.go.id, Website Provinsi Bali : infocorona.baliprov.go.id, Situs Kabupaten Buleleng : infocovid19.bulelengkab.go.id, Website Pemkab. Buleleng : bulelengkab.go.id, Facebook : Pemkab Buleleng, Instagram : pemkab_buleleng dan khusus untuk wartawan bisa di lihat di grup layanan informasi.

Dipengujung rilis, Kadis Suweca menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, mencuci tangan dengn menggunakan sabun di air mengalir atau hand sanitizer dan menghindari kerumunan. (wir)