Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Buleleng Capai 92 Persen, Hari ini Sembuh Sembilan Orang

Dipublikasi pada : 08 Januari 2021 | 390 kali Dibaca


Rilis harian perkembangan penanganan Covid-19 oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng menunjukkan kabar baik, tercatat 9 orang dinyatakan sembuh sehingga persentase tingkat kesembuhan cukup tinggi diangka 92,32 %. Secara kumulatif jumlah kesembuhan sebanyak 1.275 orang. Demikian disampaikan oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng, Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si dalam rilis pers update Covid-19, Jumat (8/1) di ruang kerjanya.

Lebih jauh disampaikan oleh Ketut Suweca yang juga Kadis Kominfosanti Kabupaten Buleleng bahwa pasien sembuh hari ini sebanyak 9 orang berasal dari Kecamatan Buleleng dan Sukasada masing-masing 4 orang, dari Kecamatan Banjar 1 orang.

Walapun tingkat kesembuhan diatas 90 %, penularan Covid-19 masih terjadi. Diterangkan Kadis Suweca, konfirmasi baru tercatat 6 orang berasal dari Kecamatan Buleleng, Gerokgak dan Sawan masing-masing 2 orang, sehingga secara kumulatif kasus konfirmasi sebanyak 1.381 orang. Sementara itu kasus meninggal dunia bertambah 1 orang dari Kecamatan Gerokgak. “Pasien yang meninggal hari ini memiliki riwayat gejala demam, batuk, pilek, sesak napas, pneumonia dan komorbid atau mempunyai penyakit bawaan hipertensi dan sempat dirawat selama 7 hari, sehingga jumlah total pasien yang meninggal sebanyak 70 orang,” ungkapnya.

Terkait data lainnya Kadis Suweca menerangkan, pasien yang dalam perawatan sebanyak 36 orang, tersebar dibeberapa rumah sakit, hotel , diantaranya RSUD Buleleng sebanyak 12 orang, RS. Bali Med 2 orang, RS. Karya Dharma Usada 7 orang, RS. Kertha Usada 7 orang, RS. Tangguwisia 1 orang, RS. Santhi Graha 2 orang, RS. Wangaya 1 orang, Hotel Vasini 2 orang dan isolasi mandiri 2 orang.

Data lain, kasus suspek kumulatif di Buleleng sebanyak 1.717 orang dengan rincian suspek konfirmasi 654 orang, discarded 972 orang, suspek masih dipantau 26 orang dan probable 58 orang. Selain itu, kontak erat kumulatif di Buleleng sebanyak 8.644 orang dengan rincian kontak erat konfirmasi sebanyak 501 orang, discarded sebanyak 7.728 orang, karantina mandiri sebanyak 123 orang dan kontak erat menjadi suspek sebanyak 292 orang. Sedangkan kasus konfirmasi non suspek atau kontak erat tetap sebanyak 226 orang.

Kadis Suweca juga menyampaikan, Informasi perkembangan Covid-19 baik nasional dan daerah dapat dilihat pada website covid19.go.id, kemudian di website Provinsi Bali dengan alamat infocorona.baliprov.go.id, lalu disitus infocovid19.bulelengkab.go.id, website Pemkab Buleleng di bulelengkab.go.id juga di Facebook Pemkab Buleleng, media Instagram juga disediakan pada alamat pemkab_buleleng.

Dipenghujung rilis Kadis Suweca selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dan patuh dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan cara 3 M dan PHBS. ”3 M yaitu memakai masker dengan benar, kemudian menjaga jarak dan hindari kerumunan, lalu rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, selain itu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari wajib dilaksanakan,” tutupnya.(wdi)