Covid-19 di Buleleng, Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Daerah Tetap Dilaksanakan

Dipublikasi pada : 14 Mei 2020 | 134 kali Dibaca


Dimasa Pandemi Covid-19 saat ini Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng tidak menyurutkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan perpustakaan tetap buka dan berlangsung namun dengan tetap  menerapkan protocol kesehatan Covid-19 dengan menyiapkan tempat cuci tangan, anjuran memakai masker dan menjaga jarak. Hal tersebut diterangkan oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah dr. Ni Made Sukarmini,MAP di ruang kerjanya, Kamis,(14/5).

Dalam penjelasanya, Kadis Sukarmini mengatakan, pelayanan maupun pembinaan perpustakaan  tetap dilakukan. Akibat pandemic Covid-19, saat ini pengunjung perpustakaan mengalami penurunan,  rata-rata 8 sampai 10 orang pengunjung perhari yang didominasi kalangan mahasiswa untuk mencari  bahan pembuatan tugas akhir maupun untuk materi kuliahnya. 

Dampak pandemi  Covid-19 ini, Kadis Sukarmini juga menjelaskan pelayanan perpustakaan keliling  dengan mobil ditiadakan.” Ini bertujuan untuk menghindari kerumunan pelajar maupun masyarakat dalam penerapan social distancing,” ujarnya.

Dalam mengelola perpustakaan, sesuai standar nasional perpustakaan di sekolah maupun desa , ungkap Kadis Sukarmini, tetap dilakukan pembinaan kepada masing-masing pengelola, hal ini bertujuan meningkatkan minat dan budaya baca siswa maupun masyarakat kedepannya.” Pembinaanya dilakukan secara bertahap dengan metode virtual yaitu dengan pengunaan video conference zoom metting,”paparnya.

Selain standarisasi perpustakaan, jelas Kadis Sukarmini, pembinaan juga dilakukan untuk persiapan lomba ditingkat Provinsi Bali, dimana sebelum Pandemi Covid-19 DAPD sudah melaksanakan lomba perpustakaan ditingkat kabupaten yang juaranya dari perpustakaan SMP 2 Singaraja dan Perpustakaan Bu Made Desa Pancasari.” Pembinaan ini untuk menyempurnakan profil duta Kabupaten Buleleng dalam lomba nanti.”ungkapnya.

Untuk diketahui  DAPD Kabupaten Buleleng saat ini memiliki koleksi bahan pustaka baik buku, majalah dan surat kabar sebanyak 26.607 eksemplar dengan 13.393 judul. Ada 2 ruang layanan pada gedung baru yang diresmikan bulan Januari tahun lalu yaitu ruang baca, ruang berinovasi dan kreasi menjadi satu dengan ruang internet pada lantai dua gedung DAPD. Selain buku secara pisik, DAPD juga menyediakan bahan kearsipan dengan mengunjungi situs resmi https://dap.bulelengkab.go.id  melalui aplikasi SIKN (Sistem Informasi Kearsipan Nasional).(wdi)