Kurangi Laju Covid-19 Varian Omicron Jelang Tahun Baru, Pemerintah Ungkap 8 Strategi

Dipublikasi pada : 27 Desember 2021 | 204 kali Dibaca


Dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19 saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta penanganan Varian Omicron, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp. OG bersama Forkopimda Kabupaten Buleleng mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual di Ruang Rapat Kantor Bupati Buleleng, Senin, (27/12). 

Rakor yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan RI, Budi Sadikin Gunadi ini membahas 8 strategi utama dan 4 strategi dari WHO yang akan dilakukan baik Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Daerah dalam mengurangi laju penularan pandemi Covid-19 menjelang Nataru serta penanganan Varian Omicron. 

Dalam pemaparannya, Menteri Tito Karnavian menyampaikan 8 strategi utama yaitu Protokol Kesehatan 5M, pengetatan pengawasan perjalanan luar negeri dan himbauan untuk tidak keluar negeri, penegakan Aplikasi PeduliLindungi, optimalisasi PPKM berbasis level dan mikro, kesiapan rumah sakit dan isoter, intensifkan 3T (tracing, testing dan treatment serta screening), mempercepat vaksinasi dan mempercepat riset Omicron. 

Selain itu, pihaknya mengatakan dari penelitian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebanyak 74% yang sudah menjalani vaksinasi lengkap bisa terkena kasus varian Omicron namun tidak parah.

" Yang sudah divaksin lengkap bisa kena varian baru ini, namun tidak parah karena sudah ada antivirus ditubuhnya dan 80% yang kena tanpa menunjukkan gejala. Untuk itu prokes 5 M wajib diterapkan, " harapnya. 

Sementara itu, Menteri Budi Sadikin menyebutkan 4 strategi dari WHO itu meliputi Prokes 3M,  3T, vaksinasi dan  perawatan."Kita proritaskan 3 itu untuk yang sehat untuk pencegahan, lanjut yang kena untuk dirawat. Itu strategi dari WHO, " tegasnya. 

Dengan strategi dan kebijakan tersebut berharap kedepannya tidak ada klaster Varian Omicron pada saat perayaan Nataru.

Dipenghujung rakor, Menteri Tito memberi apresiasi kepada Gubernur Bali Wayan Koster atas capaian vaksinasi yang luar biasa. Untuk itu, daerah lain agar meniru pola-pola yang digunakan Provinsi Bali dalam capaian vaksinasi.

Dalam kesempatan ini, hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa dan SKPD terkait di Lingkup Pemkab Buleleng. (Wir)