Chatbot WhatsApp PeduliLindungi, Solusi Cepat Akses Sertifikat Vaksin

Dipublikasi pada : 11 November 2021 | 521 kali Dibaca


Dalam upaya memperbaiki fitur dan layanan PeduliLindungi terutama untuk mempercepat respon pengaduan masyarakat terkait vaksinasi Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI meluncurkan Chatbot WhatsApp. Demikian disampaikan Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Buleleng, Ketut Suwarmawan saat menyampaikan release harian di ruang kerjanya, Kamis (11/11).

Ketut Suwarmawan menjelaskan, untuk mengakses layanan chatbot ini, masyarakat bisa menghubungi WhatsApp Kemkes RI pada nomor 081110500567. Untuk keamanan data, masyarakat akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi dan kode OTP terlebih dahulu. Selanjutnya, menu Download Sertifikat, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri akan tampil dan dapat dipilih oleh masyarakat sesuai kebutuhan.

“Chatbot PeduliLindungi diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang selama ini masih terkendala dengan urusan terkait tentang sertifikat vaksin. Sekarang masyarakat bisa lebih mudah menyelesaikan masalah sertifikat vaksin hanya melalui chat via WhatsApp,” ucap Suwarmawan.

Sementara itu terkait perkembangan Covid-19 terkini di Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan menyebutkan dari data kemarin kasus konfirmasi baru nihil dan sembuh sebanyak 1 orang dari Kec. Buleleng. Sedangkan hari ini kasus konfirmasi dan sembuh nihil.

Secara kumulatif kasus konfirmasi di Kabupaten Buleleng terdapat 10.447 orang, dengan rincian sembuh 9.909 orang, meninggal 537 orang, dan sedang dalam perawatan 1 orang. (suy)